Selasa, 12 Februari 2008

10 Sifat Yang Membuat Anda Kaya

Menjadi kaya bukan hanya persoalan berapa uang yang bisa anda dapatkan, tetapi juga bagaimana anda mengelola uang anda dengan baik dan menguntungkan. Juga tentang bagaimana kekayaan yang anda miliki tumbuh dan berkembang.

Banyak orang yang berusaha mendapatkan penghasilan lebih besar tapi selalu merasa bahwa penghasilan mereka tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka yang mewah. Tapi di pihak lain banyak orang yang berpenghasilan pas-pasan tapi hidupnya berkecukupan, meski sederhana.

Jeffrey Strain dalam artikelnya yang berjudul "10 Traits That Make You Filthy-Rich" mengungkapkan ada 10 sifat yang sebaiknya anda tanamkan dalam diri anda jika ingin meraih kekayaan berlimpah, tidak peduli berapa penghasilan anda sekarang. Tentu saja lebih besar lebih baik. Tapi kalau kecil juga tidak apa-apa, hanya saja mungkin perjalanan anda akan sedikit lebih panjang.

Kesepuluh sifat tersebut adalah:

1. Sabar
Tidak cepat tergoda dan bisa menahan diri untuk tidak gampang melampiaskan keinginan sampai saatnya tepat. Misalnya kalau penghasilan anda cuma 1 jt sebulan, jangan ngredit motor
dulu lah.

2. Puas dengan apa yang sudah ada
Kalau anda sudah ada makanan di rumah, meskipun alakadarnya, gak usah makan di luar. Kalau hape anda masih laik pakai, gak perlu beli yang baru.

3. Disiplin
Kalau anda harus masuk kantor atau buka toko jam 8, jangan bangun kesiangan dong. Kalau anda berencana untuk menyisihkan uang 20 ribu per hari misalnya, anda harus benar-benar konsisten melakukannya hingga jumlah uang yang ingin anda kumpulkan tercapai, jangan jajan melulu!

4. Memiliki Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi
Kalau sense of curiousity anda lumayan tinggi, anda akan terus belajar sehingga kemampuan anda bertambah tinggi, wawasan anda bertambah luas, dan itu berarti anda semakin berpeluang untuk maju, tmbuh, dan berkembang.

5. Kreatif
Kalau anda kretif, setidaknya dua hal bisa anda dapatkan. Pertama, efisiensi. Anda tidak perlu membeli AC bila anda tahu cara menjaga ruangan tetap sejuk secara alamiah.

Kedua, jika anda bisa membuat sesuatu (produk, konsep, jasa, dll) yang bisa anda jual, tentu ini akan menambah penghasilan anda,kan?

6. Berani Mengambil Resiko
Menabung itu bagus, bahkan sangat dianjurkan. Tetapi untuk menjadi kaya menabung saja tidak cukup. Anda harus berinvesatasi. Namun invesatasi selalu mengandung resiko. Ini berarti anda harus berani mengambil resiko untuk berinvesatasi. Tapi tentu bukan resiko yang tanpa perhitungan. Mengambil resiko berarti mempertimbangkan segala kemungkinan, lalu mengkalkulasikan risk/reward dan hal-hal penting lainnya yang anda perlukan. Kalau resikonya masih bisa ditolelir, potensi keuntungannya tinggi, dan anda memiliki sumberdaya yang diperlukan untuk mencapainya, kenapa tidak?

7. Terorganisir
Pengorganisasian yang baik akan menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Kalau terorganisasi dengan baik, anda tidak perlu bolak-balik mengerjakan sesuatu yang sama karena selalu ada yang salah. Anda juga tidak perlu membeli ballpoint semingggu sekali karena sering hilang entah ke mana. Dengan organisasi yang baik anda juga dapat mengerjakan pekerjaan anda dengan lebih cepat karena semua bahan dengan mudah anda dapatkan.

8. Beriorientasi pada sasaran
Apa tujuan anda atau sasararan anda tahun ini? mengumpulkan uang hingga 100 juta rupiah? beli jaguar? atau kawin lagi?

Kalau anda tidak tahu sasaran anda, jangan harap anda berhasil. Berhasil bagaimana, sasarannya aja tidak tahu (seperti main bola tapi gak tau gawangnya di mana).

9. Reflektif
Reflektif berarti suka mengevaluasi kembali keputusan-keputusan finansial yang anda buat, berusaha memperbaiki apa yang salah, dan memikirkan kembali keputusan yang lebih menguntungkan.

Jangan menganggap diri malaikat yang tidak mungkin salah sehingga anda malas mengevaluasi diri. Kita manusia mas, selalu saja ada yang salah. Tapi salah bukan masalah. Masalah yang sebenarnya adalah bisa gak kita belajar dari kesalahan dan tidak melakukan kesalahan yang sama.

10. Bekerja keras dan cerdas.
Nah, ini mah syarat mutlak. Tidak boleh tidak harus dilakukan. Kerja keraslah, jangan kalah sama abang-abang penarik becak yang terus mengayuh becaknya, tidak peduli panas atau hujan, atau segendut apa penumpang yang ia bawa. Tapi seperti anda tahu, kerja keras saja tidak cukup, anda harus mengawinkan kerja keras anda dengan kerja cerdas. Gunakan otak kita semaksimal mungkin untuk memikirkan cara-cara yang lebih baik, yang lebih memudahkan, lebih murah, lebih menguntungkan, lebih dibutuhkan dan disukai orang, dan sebagainya.

Jadi kalau anda sedang getol-getolnya berusaha membangun kekayaan finansial, dan anda memiliki kesepuluh sifat ini, berbahagialah karena cepat atau lambat anda pasti sekaya Aburizal Bakrie atau Arifin Panigoro, hehe....

Tapi kalau masih banyak diantara kesepuluh sifat ini dalam diri anda, segera tanamkan dalam diri anda, gampang kan?

Tidak ada komentar: