Rabu, 13 Februari 2008

Apakah Dunia Bisnis Tepat Untuk Anda?

Tidak ada yang bisa menjamin bisnis anda akan sukses. Juga tidak ada formula ajaib yang bisa menghilangkan samasekali resiko yang memang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis apa pun. Namun demikian, perencanaan dan persiapan yang matang serta pemahaman yang dalam mengenai bisnis yang akan digeluti akan dapat meningkatkan peluang kita untuk meraih kesuksesan.

Sebelum memulai, ada baiknya untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan diri kita sendiri sebagai calon pemilik sekaligus manajer bisnis yang akan kita jalankan itu. Pertimbangkan beberapa beberapa pertanyaan berikut dengan hati-hati:

Apakah siap memulai bisnis ini sendirian? Jika demikian, bersiaplah untuk mempersiapkan
segala sesuatunya sendiri: mengembangkan proyek, mengatur waktu, dan semua tetek benget
yang diperlukan bisnis anda.

Siapkah anda untuk berhubungan baik dengan berbagai orang dengan kepribadian yang berbeda? Seorang pemilik bisnis perlu mengembangkan hubungan dengan berbagai pihak seperi pelanggan, pemasok, bankir, pempdal, pengacara, akutan, konsultan, dsb, yang tentunya memiliki karakter, keinginan, dan kepribadian yang berbeda satu sama lain. Apakah bisa menyetujui apa yang diminta klien anda meski anda tidak menyukainya? Atau bisakan anda bila terpaksa bekerjasama dengan pemasok yang tidak bisa diandalkan? atau maukah anda mempekerjakan orang aneh sekalipun jika memang bisnis anda menuntutnya?

Seberapa baik anda dalam membuat keputusan? Seorang pemilik bisnis akan dituntut untuk selalu membuat keputusan - seringkali dengan cepat, independen, dan juga dibawah tekanan.

Apakah anda memiliki stamina yang baik secara fisik maupun mental untuk menjalankan bisnis
anda? Memiliki sebuah bisnis memang bisa memberikan kesenangan dan kepuasan, tetapi juga memberi anda pekerjaan yang begitu banyak. Dapatkah anda bekerja selama enam sampai 12 jam setiap hari?

Seberapa baik anda dalam membuat rencana dan melakukan pengorganisasian? riset menunjukan bahwa kurang perencanaan bertanggungjawab terhadap sebagian besar kegagalan bisnis. Pengorganisasian yang baik terhadap keuangan, persediaan, jadwal, dan produksi, dll, akan sangat membantu anda dalam menghindari kesukaran.

Apakah anda memiliki mental yang cukup kuat? Menjalankan bisnis dapat membuat mental anda jatuh. Banyak pemilik bisnis yang tidak tahan menanggung semua beban tanggung jawab yang dapat mengantarnya meraih kesuksesan. Motivasi yang kuat untuk tumbuh dan berkembang akan memberi anda kekuatan ketika harus bertahan hidup dan melewati masa-masa sulit dalam bisnis anda.

Bagaimana bisnis anda akan mempengaruhi kehidupan keluarga anda? Tahun-tahun pertama sebuah bisnis akan menjadi masa-masa berat bagi keluarga anda. Sangat penting bagi keluarga anda untuk tahu apa yang bisa diharapkan dari bisnis ini, dan buat anda, anda harus memastikan mereka akan mendukung anda pada masa-masa sulit ini. Barangkali juga anda akan membawa keluarga anda dalam kesulitan finansial sampai bisnis anda dapat memberikan keuntungan, mungkin lamanya bisa beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun.

Mengapa Sebuah Bisnis Bisa Gagal?

Sukses dalam bisnis tidak datang begitu saja. Tidak bisa juga kita menggantungkan harapan pada keberuntungan. Kesuksesan bisnis akan sangat bergantung pada visi dan pengelolaan pemiliknya. Bahkan itu pun sama sekali tidak bisa menjamin tercapainya kesuksesan.

Memulai sebuah bisnis penuh dengan resiko, dan peluang untuk berhasil tidak selalu sebesar yang diharapkan. sebuah penelitian di Amerika, misalnya, menunjukan bahwa lebih dari 50% perusahaan kecil di sana mengalami kebangkrutan pada lima tahun pertama bisnis mereka.

Dalam bukunya "Small Business management" Michael Ames, mengungkapkan beberapa hal yang bisa membuat sebuah bisnis gagal:
  • Kurang pengalaman
  • Modal yang tidak cukup memadai
  • Lokasi yang kurang strategis
  • Pengelolan persediaan yang tidak baik
  • Investasi yang berlebihan pada asset tetap
  • Hutang yang tidak terencana dengan benar
  • Penggunaan dana usaha untuk keperluan pribadi
  • Berlangsungnya Perkembangan yang tidak diharapkan, misalnya krismon, inflasi, bencana, terjerat kasus hukum, dll.
Gustav Berle dalam "Do It Yourself Business" menambahkan dua faktor lain, yaitu:
  • Kompetisi, dan
  • Rendahnya penjualan
Gambaran di atas bukan berarti anda harus khawatirkan, tetapi sebaliknya membuat anda lebih
mempersiapkan diri. Menyepelekan kesukaran saat memulai bisnis akan membuat anda menghadapi banyak hambatan. Bagaimanapun, kesuksesan bisnis sangat mungkin anda peroleh jika anda sabar, mau bekerja keras, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

Benar jika dikatakan bahwa banyak alasan untuk tidak memulai bisnis anda sendiri. Tetapi bagi orang tepat, keuntungan memiliki bisnis sendiri jauh lebih banyak daripada resiko yang ia ambil.

Dengan berbisnis anda akan menjadi boss bagi dri anda sendiri, penghasilan yang tidak terbatas, kesempatan untuk tumbuh dan berkembang yang jauh lebih besar, serta memberi anda tantangan dan kesempatan tanpa akhir untuk terus belajar dan mengembangkan diri.

Namun, Ingatlah, tidak semua orang bisa menjadi pebisnis. Seperti tidak semua orang cocok menjadi guru atau tentara.... Sebelum benar-benar memulai bisnis, sekali pikirkan apakah dunia bisnis cukup tepat untuk anda?

Diterjemahkan dari: Is Entrepreneurship For You?

Tidak ada komentar: